Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian ex-pos facto dengan analisis regresi.
Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data diambil
menggunakan dokumentasi dan angket. Data yang diperoleh kemudian diolah
menggunakan bantuan program komputer SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukan (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan
antara gaya belajar terhadap Hasil belajar. Gaya belajar mempunyai nilai thitung
sebesar 8.389 dengan nilai probabilitas sebesar 0.0005 < 0.05, maka H0 ditolak
yang berarti Gaya Belajar berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Dasar
Otomotif Siswa Kelas X SMK N 6 Purworejo. (2) Ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara Kreativitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Kreativitas
Siswa mempunyai nilai thitung sebesar 3.413 dengan nilai probabilitas
sebesar 0.001 < 0.05, maka H0 ditolak yang berarti Kreativitas Siswa
berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Dasar Otomotif Siswa Kelas X
SMK N 6 Purworejo. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Gaya
Belajar dan kreativitas guru secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar. Dengan
diperoleh nilai Fhitung sebesar 73.011 dengan probabilitas sebesar 0.000 < 0.05
artinya terdapat pengaruh yang signifikan yang sangat kuat antara gaya belajar
dan kreatifitas belajar terhadap Hasil belajar Dasar Otomotif Siswa Kelas X SMK
N 6 Purworejo.