Abstract:
Desain penelitian ini adalah Penelirian Tindakan Kelas. Subyek
penelitian adalah siswa kelas X TKR 2 di SMK Taman Karya Madya Teknik
Kebumen tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 40 siswa. Adapun
langkah-langkah penelitian ini meliputi (1) tahap perencanaan penelitian, (2)
tahap pelaksanaan penelitian, (3) langkah pengamatan penelitian dan (4) langkah
refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan metode tes (pretest
dan post test). Sedangkan analisis data menggunakan data kuantitafif. Data
kuantitatif berupa hasil belajar yang didapatkan oleh siswa setelah melaksanakan
pembelajaran motor bakar torak dengan menggunakan metode resitasi. Data yang
dikumpulkan setiap kegiatan obervasi dari pelaksanaan siklus penelitian
dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat
kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukan hasil bahwa terjadi peningkatan hasil
belajar motor bakar torak melalaui penggunaan metode resitasi. Ini dibuktikan
dengan adanya kenaikan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari data awal 49,75
dengan presentase siswa yang mendapatkan nilai 75 sebesar 2,5%, pada siklus I
nilai rata-rata hasil belajar siswa naik menjadi 60,87 dengan presentase siswa
yang mendapatkan nilai 75 sebesar 35% dan pada akhir siklus 2 nilai rata-rata
hasil belajar siswa semakin naik menjadi 74,37 dengan presentase siswa yang
mendapatkan nilai 75 sebesar 82, 5%. Dari nilai rata-rata hasil belajar kondisi
awal, siklus 1 dan siklus 2, maka disimpulkan bahwa penggunakan metode
resitasi dapat menjadikan hasil belajar mengalami peningkatan di setiap siklusnya
pada materi motor bakar torak di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen
tahun pelajar 2015/2016.