Abstract:
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui cakupan
kategori keterampilan generik sains siswa SMA Negeri se-Kabupaten Purworejo
tahun pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini ada 9 kategori keterampilan
generik sains yang digunakan untuk menganalisis keterampilan generik sains
siswa yaitu (1) pengamatan langsung (direct observation); (2) pengamatan tak
langsung (indirect observation) (3) kesadaran tentang skala besaran (sense of
scale); (4) bahasa simbolik (symbolic languange); (5) kerangka logika taat-asas
(logical self-consistency) dari hukum alam; (6) inferensi logika; (7) hukum sebab
akibat (causality); (8) pemodelan matematika (mathematical modeling); (9)
membangun konsep (concept formation).
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan metode tes. Populasi
penelitian siswa SMA Negeri kelas X se-Kabupaten Purworejo tahun pelajaran
2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Area Probability
Sample, yaitu dengan mengambil letak geografis sekolah yang terdiri dari kota
dan desa. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar soal yang digunakan
untuk mengukur persentase keterampilan generik sains siswa yang telah
memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori hasil analisis didapatkan ratarata
persentase aspek keterampilan generik sains pada siswa SMA Negeri
Purworejo sebagai berikut: pengamatan langsung 76,5%, pengamatan tak
langsung 36%, kesadaran tentang skala besaran 53,8%, bahasa simbolik 54,6%,
kerangka taat asas 64,5%, inferensi 34,0%, hukum sebab akibat 42,0%,
membangun konsep 35,5% pemodelan matematika 39,7%. Hasil secara
keseluruhan pada SMA Negeri se-Kabupaten Purworejo adalah sebesar 48,5%.
Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan generik
sains kedua letak geografis SMA Negeri Purworejo termasuk dalam kriteria
cukup.