dc.description.abstract |
Telah dilakukan penelitian guna mengetahui pengaruh model
pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas XI
IPA SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA
Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 48 siswa.
Dalam penelitian ini tanpa menggunakan sampel akan tetapi seluruh populasi, 24
siswa sebagai kelas eksperimen 24 siswa sebagai kelas kontrol yang sudah melalui
uji prasyarat. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar kognitif
siswa, angket hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotorik siswa. Uji
normalitas, homogenitas dilakukan sebagai uji prasyarat dan selanjutnya data
diuji hipotesis dengan bantuan program SPSS 16.00 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh db = 46, pada taraf signifikasi 5%
ditemukan ttabel = 2,010 dan berdasarkan nilai t diperoleh thitung = 3,498 > ttabel =
2,010, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share terhadap
hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Purworejo tahun
pelajaran 2015/2016 sebesar 15,63% dengan interpretasi “sangat rendah”.
Pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share terhadap hasil belajar afektif
siswa diperoleh nilai thitung = 2,935 ini berarti bahwa thitung > ttabel dengan
besarnya pengaruh sebesar 11,67% dengan interpretasi “sangat rendah”. Pengaruh
model pembelajaran Think-Pair-Share terhadap hasil belajar psikomotorik siswa
diperoleh nilai thitung = 3,952 ini berarti thitung > ttabel dengan besarnya pengaruh
sebesar 18,92% dengan interpretasi “sangat rendah”, sehingga peneliti
menyarankan agar dilakukan peninjauan kembali dan perbaikan terhadap model
pembelajaran yang digunakan, agar hasil belajar yang diperoleh lebih optimal |
en_US |