Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN Think-Pair-Share (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Kukuwiono, Teguh
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:00:59Z
dc.date.available 2018-02-12T06:00:59Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2138
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian guna mengetahui pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 48 siswa. Dalam penelitian ini tanpa menggunakan sampel akan tetapi seluruh populasi, 24 siswa sebagai kelas eksperimen 24 siswa sebagai kelas kontrol yang sudah melalui uji prasyarat. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar kognitif siswa, angket hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotorik siswa. Uji normalitas, homogenitas dilakukan sebagai uji prasyarat dan selanjutnya data diuji hipotesis dengan bantuan program SPSS 16.00 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh db = 46, pada taraf signifikasi 5% ditemukan ttabel = 2,010 dan berdasarkan nilai t diperoleh thitung = 3,498 > ttabel = 2,010, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 sebesar 15,63% dengan interpretasi “sangat rendah”. Pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share terhadap hasil belajar afektif siswa diperoleh nilai thitung = 2,935 ini berarti bahwa thitung > ttabel dengan besarnya pengaruh sebesar 11,67% dengan interpretasi “sangat rendah”. Pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share terhadap hasil belajar psikomotorik siswa diperoleh nilai thitung = 3,952 ini berarti thitung > ttabel dengan besarnya pengaruh sebesar 18,92% dengan interpretasi “sangat rendah”, sehingga peneliti menyarankan agar dilakukan peninjauan kembali dan perbaikan terhadap model pembelajaran yang digunakan, agar hasil belajar yang diperoleh lebih optimal en_US
dc.publisher Fisika/ FKIP en_US
dc.subject hasil belajar, model pembelajaran Think-Pair-Share. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN Think-Pair-Share (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account