Abstract:
Telah dilakukan penelitian eksperimen semu guna mengetahui pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check terhadap keaktifan, kemandirian,
dan pemahaman konsep fisika siswa kelas XI SMA Negeri 5 Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA
Negeri 5 Purworejo sebanyak 3 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian
ini menggunakan teknik purpose sampling yaitu mengambil sampel pada populasi
berdasarkan kognitif siswa yang berbeda-beda, baik tinggi, sedang, maupun
rendah Dari 3 kelas yang ada, diambil 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas XI IPA
2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, angket
dengan skala Likert dan tes pemahaman konsep fisika. Uji prasarat analisis yang
digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas berbantuan spss versi 16.0.
Uji hipotesis yang digunakan adalah uji One-Way Anava pada keaktifan,
kemadirian, pemahaman konsep fisika, keaktifan, kemandirian, dan pemahaman
konsep fisika sehingga diperoleh hasil (1) model pembelajaran kooperatif tipe
Pair Check memberikan pengaruh terhadap keaktifan siswa, dengan nilai F
sebesar 30.932 pada taraf signifikasi 0,000 (2) model pembelajaran kooperatif tipe
Pair Check memberikan pengaruh terhadap kemandirian siswa, dengan nilai F
sebesar 20.135 pada taraf signifikasi 0,000 (3) model pembelajaran kooperatif tipe
Pair Check memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep fisika, dengan
nilai F sebesar 15.297 pada taraf signifikasi 0,000 (4) model pembelajaran
kooperatif tipe Pair Check memberikan pengaruh terhadap keaktifan,
kemandirian, dan pemahaman konsep fisika siswa, dengan nilai F sebesar 66.634
pada taraf signifikasi 0,000