Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEAKTIFAN, KEMANDIRIAN, DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Wahyuni, Catur Yuli
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:08:06Z
dc.date.available 2018-02-12T06:08:06Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2140
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian eksperimen semu guna mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check terhadap keaktifan, kemandirian, dan pemahaman konsep fisika siswa kelas XI SMA Negeri 5 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Purworejo sebanyak 3 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling yaitu mengambil sampel pada populasi berdasarkan kognitif siswa yang berbeda-beda, baik tinggi, sedang, maupun rendah Dari 3 kelas yang ada, diambil 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, angket dengan skala Likert dan tes pemahaman konsep fisika. Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas berbantuan spss versi 16.0. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji One-Way Anava pada keaktifan, kemadirian, pemahaman konsep fisika, keaktifan, kemandirian, dan pemahaman konsep fisika sehingga diperoleh hasil (1) model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check memberikan pengaruh terhadap keaktifan siswa, dengan nilai F sebesar 30.932 pada taraf signifikasi 0,000 (2) model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check memberikan pengaruh terhadap kemandirian siswa, dengan nilai F sebesar 20.135 pada taraf signifikasi 0,000 (3) model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep fisika, dengan nilai F sebesar 15.297 pada taraf signifikasi 0,000 (4) model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check memberikan pengaruh terhadap keaktifan, kemandirian, dan pemahaman konsep fisika siswa, dengan nilai F sebesar 66.634 pada taraf signifikasi 0,000 en_US
dc.publisher Fisika/ FKIP en_US
dc.subject PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEAKTIFAN, KEMANDIRIAN, DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEAKTIFAN, KEMANDIRIAN, DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account