Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII
D SMP Negeri 1 Kayen dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran
matematika dilakukan melalui model pembelajaran kooperatif tipe QD. Dengan
demikian peningkatan aktivitas tersebut dapat mempengaruhi perubahan
peningkatan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1
Kayen.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian
adalah 33 siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Kayen. Objek dalam penelitian adalah
keseluruhan proses dan hasil kegiatan pembelajaran matematika. Dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe QD dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa yang akan berpengaruh terhadap peningkatan prestasi
belajar matematika. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar observasi
aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, tes prestasi belajar setiap siklus
dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, siklus pertama terdiri
dari empat pertemuan sedangkan siklus kedua terdiri dari tiga pertemuan. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Data yang
diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan rumus rerata dan
persentase.
Pada nilai UAS semester gasal rerata nilai yang didapatkan 63 sedangkan
persentase ketuntasan sebesar 9,09%. Hasil penelitian pada siklus I, aktivitas
belajar siswa mencapai 68,33%, pada siklus I pembelajaran telah dilaksanakan
dan prestasi belajar matematika mendapatkan rerata 71,51 dan persentase
ketuntasan mencapai 72,73%. Meski demikian perlu adanya tindakan siklus II
karena belum mencapai indikator yang ditetapkan, dengan menerapkan model
pembelajaran QD untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar
siswa. Setelah melaksanakan siklus II diperoleh persentase aktivitas 80% dengan
penghargaan kualitatif sangat tinggi. Hal ini sejalan dengan pembelajaran yang
mengharuskan tiap siswa untuk aktif dan bertanggung jawab atas tugasnya dalam
kelompok saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus II diketahui prestasi belajar
matematika pada siklus II mencapai rata-rata 76,75 dan persentase ketuntasan
mencapai 93,93%.