Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan
motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran matematika
dengan model cooperative learning tipe Think Pair Share di SMP
Muhammadiyah Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua
siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah
Karanganyar yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 17 siswa putra dan 11
siswa putri. Faktor yang diteliti berupa peningkatan motivasi belajar siswa dan
prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan
untuk mengumpulkan data yaitu angket motivasi belajar siswa dan tes prestasi
belajar siswa pada setiap akhir siklus. Data yang diperoleh dari angket motivasi
dan tes prestasi dianalisa dengan menghitung skor rerata dan persentase siswa
yang memenuhi skor yang telah ditentukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa
kelas VII SMP Muhammadiyah Karanganyar mengalami peningkatan, ditunjukan
oleh rerata hasil perhitungan angket motivasi yaitu 67,85 pada siklus I menjadi
75,53 pada siklus II. Peningkatan tersebut ditunjukan dengan persentase jumlah
siswa yang memperoleh skor motivasi belajar sama dengan atau lebih dari skor
rerata yang ditentukan yaitu 57,14% pada siklus I menjadi 89,28% pada siklus II.
Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, ditunjukan oleh rerata 53,60
pada siklus I menjadi 64,07 pada siklus II. Peningkatan tersebut ditunjukkan
dengan persentase jumlah siswa yang memperoleh skor prestasi belajar sama
dengan atau lebih dari skor rerata yang ditentukan yaitu 46,42% pada siklus I
menjadi 78,57% pada siklus II.