Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Di SMP Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Munarsih, Sri
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:11:40Z
dc.date.available 2018-02-12T06:11:40Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2143
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran matematika dengan model cooperative learning tipe Think Pair Share di SMP Muhammadiyah Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Karanganyar yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 17 siswa putra dan 11 siswa putri. Faktor yang diteliti berupa peningkatan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket motivasi belajar siswa dan tes prestasi belajar siswa pada setiap akhir siklus. Data yang diperoleh dari angket motivasi dan tes prestasi dianalisa dengan menghitung skor rerata dan persentase siswa yang memenuhi skor yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Karanganyar mengalami peningkatan, ditunjukan oleh rerata hasil perhitungan angket motivasi yaitu 67,85 pada siklus I menjadi 75,53 pada siklus II. Peningkatan tersebut ditunjukan dengan persentase jumlah siswa yang memperoleh skor motivasi belajar sama dengan atau lebih dari skor rerata yang ditentukan yaitu 57,14% pada siklus I menjadi 89,28% pada siklus II. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, ditunjukan oleh rerata 53,60 pada siklus I menjadi 64,07 pada siklus II. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan persentase jumlah siswa yang memperoleh skor prestasi belajar sama dengan atau lebih dari skor rerata yang ditentukan yaitu 46,42% pada siklus I menjadi 78,57% pada siklus II. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Think Pair Share (TPS), motivasi belajar, prestasi belajar, matematika en_US
dc.title Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Di SMP Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account