Abstract:
Telah dilakukan penelitian guna mengetahui efektivitas penerapan lembar
kerja praktikum fisika berbasis literasi sains dalam meningkatkan keterampilan
memecahkan masalah dan sikap ilmiah siswa SMA Kelas X MIPA.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dan menggunakan model
CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Populasi dari penelitian ini adalah
seluruh siswa SMA Negeri 3 Purworejo. Sampel diambil menggunakan teknik
purpose sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 3 dengan jumlah siswa 32
sebagai kelas eskperimen dan kelas X MIPA 1 dengan jumlah siswa 31 sebagai
kelas kontrol. Data diperoleh menggunakan observasi, wawancara, angket,
dokumentasi dan tes.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data kedua kelas dalam keadaan
homogen karena Fhitung<Ftabel dengan Fhitung 1,098; Ftabel 1,835; SD 2,139 dan varian
4,577 (kelas eksperimen); serta SD 2,242 dan varian 5,026 (kelas kontrol). Rerata
persentase skor total praktikum pada kelas eksperimen sebesar 90,00% sedangkan
kelas kontrol sebesar 79,00%. Persentase keterampilan memecahkan masalah
kelas eksperimen sebesar 20,51% dengan gain 0,205 kategori rendah sedangkan
kelas kontrol sebesar 11,70% dengan gain 0,117 kategori rendah. Persentase sikap
ilmiah awal dan akhir pada siswa kelas eksperimen sebesar 80,80% dan 81,58%
dengan gain 0,041 kategori rendah sedangkan pada siswa kelas kontrol sebesar
85,05% dan 81,79% dengan gain 0,218 kategori rendah. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, maka penerapan lembar kerja praktikum fisika berbasis literasi
sains efektif dalam meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan sikap
ilmiah siswa SMA Kelas X MIPA.