Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Air (Auditory, Intellectually, Repetition) Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Mts Ma’arif Nu 1 Sumbang Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Setio, Sigit
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:15:00Z
dc.date.available 2018-02-12T06:15:00Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2146
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah minat belajar matematika siswa kelas yang dikenai model AIR (Auditory,Intellectually, Repetition) lebih baik daripada minat belajar matematika siswa kelas yang dikenai model ekspositori,(2) apakah pembelajaran matematika kelas yang dikenai model AIR (Auditory,Intellectually, Repetition) menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada kelas yang dikenai model ekspositori. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Mts Ma’arif Nu 1 Sumbang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 113 siswa dan terbagi ke dalam 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII-1 yang terdiri dari 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII-2 yang terdiri dari 29 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik Cluster Random Sampling dengan melakukan pengundian kelas untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket minat belajar dan tes prestasi. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t, Sebelum data yang diperoleh dianalisis dilakuakn uji prasyarat analisis uji normalitas, uji homogenitas dan uji keseimbangan dengan taraf signifikan 0,5%. Hasil analisis data menggunakan angket minat belajar diperoleh tobs = 2,995 dan ttabel = 1,673 untuk tobs = 2,995 > ttabel = 1,6710 maka untuk H0 ditolak dan H1 dietrima. Hasil analisis data menggunakan tes diperoleh hasil prestasi belajar sebesar tobs = 2.910 dan ttabel = 1.673 untuk tobs = 2.910 > ttabel = 1,673 maka untuk H0 ditolak dan H1 diterima. Uji hipotesis kedua data menunjukan model pembelajaran Air (Auditory, Intellectually, Repetition) lebih baik dibandingkan model pembelajaran ekspositori pada pokok bahasan pertidaksamaan linier satu variabel Tahun Pelajaran 2015/2016. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject AIR, minat belajar, prestasi belajar, sampling jenuh en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Air (Auditory, Intellectually, Repetition) Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Mts Ma’arif Nu 1 Sumbang Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account