Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi
belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada
siswa kelas VIIIC MTs Miftahul Huda Mangunranan Mirit tahun ajaran
2014/2015 dan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika
dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas VIIIC MTs
Miftahul Huda Mangunranan Mirit tahun ajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan secara kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIIIC MTs Miftahul Huda Mangunranan Mirit yang berjumlah 22 siswa.
Sedangkan objeknya adalah motivasi dan prestasi belajar matematika yang
diperoleh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Instrumen
yang digunakan pada penelitian ini adalah peneliti sebagai observer, lembar
angket, dan tes. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan
dengan lembar angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk
lembar angket dilakukan dengan menentukan persentase pencapaian indikator
motivasi sedangkan untuk prestasi belajar matematika dianalisis dengan
menentukan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif
tipe TPS dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pada
siswa kelas VIIIC MTs Miftahul Huda Mangunranan Mirit tahun ajaran
2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata
persentase lembar angket motivasi belajar matematika untuk tiap siklus, yaitu
pada siklus I motivasi belajar siswa rata-ratanya dalam kriteria sedang dan
pada siklus II menjadi tinggi. Selain itu nilai rata-rata prestasi belajar
matematika siswa mengalami peningkatan dari 10 siswa yang nilainya diatas
KKM pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 17 siswa dari
seluruh jumlah siswa di kelas VIIIC.