Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas VIIIC MTs Miftahul Huda Mangunranan Mirit Tahun Ajaran 2014/2015

Show simple item record

dc.contributor.author Kusnandar
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:17:04Z
dc.date.available 2018-02-12T06:17:04Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2149
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas VIIIC MTs Miftahul Huda Mangunranan Mirit tahun ajaran 2014/2015 dan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas VIIIC MTs Miftahul Huda Mangunranan Mirit tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC MTs Miftahul Huda Mangunranan Mirit yang berjumlah 22 siswa. Sedangkan objeknya adalah motivasi dan prestasi belajar matematika yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah peneliti sebagai observer, lembar angket, dan tes. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan lembar angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk lembar angket dilakukan dengan menentukan persentase pencapaian indikator motivasi sedangkan untuk prestasi belajar matematika dianalisis dengan menentukan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIIIC MTs Miftahul Huda Mangunranan Mirit tahun ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase lembar angket motivasi belajar matematika untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I motivasi belajar siswa rata-ratanya dalam kriteria sedang dan pada siklus II menjadi tinggi. Selain itu nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan dari 10 siswa yang nilainya diatas KKM pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 17 siswa dari seluruh jumlah siswa di kelas VIIIC. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject motivasi belajar, prestasi belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) en_US
dc.title Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas VIIIC MTs Miftahul Huda Mangunranan Mirit Tahun Ajaran 2014/2015 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account