Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Studi Perbandingan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Open-Ended Problem Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Materi Kubus & Balok Kelas VIII SMP Negeri 26 Purworejo Tahun 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Pratala, Vembri Kunta
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:19:46Z
dc.date.available 2018-02-12T06:19:46Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2151
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition lebih baik daripada model pembelajaran Open-Ended Problem. Materi yang digunakan adalah materi SMP kelas VIII semester 2 pada bab bangun ruang sisi datar khususnya kubus dan balok. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Purworejo tahun 2015/2016 yang berjumlah tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C (eksperimen I) dan siswa kelas VIII B (eksperimen II). Dengan jumlah siswanya berturut-turut adalah 30 siswa dan 31 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data awal diperoleh nilai rata-rata eksperimen I = 58,33 dan eksperimen II = 57,48. Untuk perhitungan data awal dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Kemudian uji keseimbangan dengan menggunakan Anava satu jalur. Setelah kelas eksperimen mendapatkan perlakuan diperoleh nilai rata-rata eksperimen I = 66,13 dan eksperimen II = 61,80. Selanjutnya dilakukan prasyarat analisis yaitu normalitas dan homogenitas, dan langkah terakhir yaitu uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis tersebut diperoleh 𝑡𝑜𝑏𝑠 = 2,0637 dan 𝑡table = 2,001, sehingga 𝑡𝑜𝑏𝑠 ∈ 𝐷𝐾, artinya H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition lebih baik daripada model pembelajaran Open-Ended Problem pada materi kubus & balok kelas VIII SMP N 26 Purworejo tahun 2015/2016. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Auditory Intellectually Repetition , Open-Ended Problem , Prestasi Belajar en_US
dc.title Studi Perbandingan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Open-Ended Problem Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Materi Kubus & Balok Kelas VIII SMP Negeri 26 Purworejo Tahun 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account