Abstract:
Telah dilakukan penelitian guna mengetahui pengaruh model pembelajaran
concept attainment berbasis masalah dengan pemahaman konsep dan minat
belajar siswa kelas XI SMA Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Purworejo
Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah populasi sebanyak 4 kelas,
menggunakan purposive sampling. Dari 4 kelas yang ada, diambil 2 kelas sebagai
sampel, yaitu kelas XI IPA I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi
(pengamatan), metode wawancara, metode tes, metode angket dan metode
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji beda
rataan multivariat dengan menggunakan analisis uji rata-rata satu pihak yaitu
pihak kanan.
Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran
concept attainment berbasis masalah terhadap pemahaman konsep dan minat
belajar siswa kelas XI SMA Negeri 8 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Hal
ini ditunjukkan dari hasil uji hipotesis dengan statistik uji t multivariat pada
= 0,05 dengan nilai hitung Fobs = 7,2434 > Ftabel = 3,15. Terdapat pengaruh
model pembelajaran concept attainment berbasis masalah terhadap pemahaman
konsep fisika. Hal ini diperoleh dari uji t ditunjukkan oleh t= 11,393 > t
=1,960 pada taraf kesalahan signifikan α = 0,05 H ditolak. Besarnya pengaruh
model pembelajaran concept attainment berbasis masalah terhadap pemahaman
konsep adalah 42,1% pada interval 40% - 59% dalam kategori sedang.Terdapat
pengaruh model pembelajaran concept attainment berbasis masalah terhadap
minat belajar siswa. Hal ini diperoleh dari uji t ditunjukkan oleh t= 3,374 >
t =1,960 pada taraf pada taraf signifikan α = 0,05 H ditolak. Besarnya
pengaruh model pembelajaran concept attainment berbasis masalah terhadap
pemahaman konsep adalah 18,4% pada interval 0% - 19% dalam kategori sangat
rendah.