Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT BERBASIS MASALAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Kholifah, Desi
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:20:22Z
dc.date.available 2018-02-12T06:20:22Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2152
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian guna mengetahui pengaruh model pembelajaran concept attainment berbasis masalah dengan pemahaman konsep dan minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah populasi sebanyak 4 kelas, menggunakan purposive sampling. Dari 4 kelas yang ada, diambil 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas XI IPA I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi (pengamatan), metode wawancara, metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji beda rataan multivariat dengan menggunakan analisis uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran concept attainment berbasis masalah terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 8 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji hipotesis dengan statistik uji t multivariat pada 􀟙 = 0,05 dengan nilai hitung Fobs = 7,2434 > Ftabel = 3,15. Terdapat pengaruh model pembelajaran concept attainment berbasis masalah terhadap pemahaman konsep fisika. Hal ini diperoleh dari uji t ditunjukkan oleh t􀭭􀭠􀭱= 11,393 > t􀭲􀭟􀭠􀭣􀭪 =1,960 pada taraf kesalahan signifikan α = 0,05 H􀭭 ditolak. Besarnya pengaruh model pembelajaran concept attainment berbasis masalah terhadap pemahaman konsep adalah 42,1% pada interval 40% - 59% dalam kategori sedang.Terdapat pengaruh model pembelajaran concept attainment berbasis masalah terhadap minat belajar siswa. Hal ini diperoleh dari uji t ditunjukkan oleh t􀭭􀭠􀭱= 3,374 > t􀭲􀭟􀭠􀭣􀭪 =1,960 pada taraf pada taraf signifikan α = 0,05 H􀭭 ditolak. Besarnya pengaruh model pembelajaran concept attainment berbasis masalah terhadap pemahaman konsep adalah 18,4% pada interval 0% - 19% dalam kategori sangat rendah. en_US
dc.publisher Fisika/ FKIP en_US
dc.subject concept attainment berbasis masalah, minat belajar, model pembelajaran, pemahaman konsep. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT BERBASIS MASALAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account