Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Model Pembelajaran Make A match dan Model Talking Stick pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 PoncowarnoTahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Lakmana, Lutfi Baihaqi
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:22:56Z
dc.date.available 2018-02-12T06:22:56Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2154
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Poncowarno pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua variabel yang mendapatkan pembelajaran dengan model Talking Stick lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan modelMake A Match. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Negeri 1 Poncowarno yang berjumlah 196 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A berjumlah siswa 28 dan siswa kelas VIII B berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan menggunakan nilai ulangan akhir semester pertama. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes prestasi belajar pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel yang berjumlah 19 soal yang sebelumnya telah diujikan validitas dengan teknik korelasi product moment dan reliabilitas dengan rumus KR-20. Uji prasyarat hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai pada kelas eksperimen pertama 40.60 dan pada kelas eksperimen kedua 70.30. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan 􀄮 = 0.05 yang sebelumnya diberlakukan uji normalitas dengan lilliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett menunjukan bahwa, tobs = 2.154 dengan DK = {t | t > 2.00488 }. Karena , tobs > ttabel maka , tobs termasuk dalam daerah kritik sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel mengunakan model Talking Stick lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model Make A Match setelah diterapkan pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Poncowarno tahun pelajaran 2015/2016. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Prestasi belajar, Model Make A match, Model Talking Stick en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Model Pembelajaran Make A match dan Model Talking Stick pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 PoncowarnoTahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account