Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER KELISTRIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN

Show simple item record

dc.contributor.author Susilo
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:24:41Z
dc.date.available 2018-02-12T06:24:41Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2156
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran trainer kelistrikan siswa Kelas XI TKR SMK Muhamadiyah Kutowinangun, 2) Mendeskripsikan tahap pengembangan media pembelajaran trainer kelistrikan siswa Kelas XI TKR SMK Muhamadiyah Kutowinangun, 3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran trainer kelistrikan siswa Kelas XI SMK TKR Muhamadiyah Kutowinangun, dan 4) Mengetahui peningkatan hasil belajar sistem kelistrikan mobil siswa kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Kutowinangun setelah menggunakan menggunakan media pembelajaran trainer kelistrikan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR A dan XI TKR B. Kelas XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan soal tes. Analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan 1) Proses pembuatan media pembelajaran sistem berupa trainer kelistrikan dan berdasarkan analisis masalah dan disesuaikan denga kebutuhan sehingga diharapkan membentuk suatu media yang siap pakai, 2) Tahap pengembangan media pembelajaran trainer kelistrikan telah meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk, 3) Hasil validasi produk oleh ahli materi maupun ahli media, uji coba kelompok kecil dan uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layak digunakan sebagai media pembelajaran, 4) Hasil uji beda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar (thitung = 5,131 dan p=0,000) Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar karena dalam ujicoba kelompok besar dengan jumlah siswa 40 orang dibuktikan memiliki rata-rata prestasi belajar 82,63 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol 73,00 en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Pengembangan, Media Pembelajaran, Trainer Kelistrikan en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER KELISTRIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account