Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SIKAP SISWA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR PADA SISWA KELAS X SMA N 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Suryanti, Efi
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:25:08Z
dc.date.available 2018-02-12T06:25:08Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2157
dc.description.abstract Penelitian yang telah dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Dyadic Methods (SDM) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan sikap siswa pokok bahasan suhu dan kalor pada siswa kelas X SMA N 1 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan angket sikap siswa. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase. Uji analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dengan signifikan α = 0,05 pada kemampuan komunikasi matematis dan sikap siswa sehingga diperoleh (1) artinya H0 ditolak (tobs ). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM) lebih baik dan memberi pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Besarnya pengaruh pembelajaran melalui model Structured Dyadic Methods (SDM) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa adalah 36,29% pada interval 0% - 36,29 % dalam kategori rendah. (2) Model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM) memberi pengaruh pada sikap siswa dengan hasil (tobs > ttabel) keputusan uji H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM) lebih baik dan berpengaruh terhadap sikap siswa kelas X SMA N 1 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016 pada pokok bahasan suhu dan kalor. Besarnya pengaruh pembelajaran melalui model Structured Dyadic Methods (SDM) terhadap sikap siswa adalah 46,74% pada interval 0% - 46,74% dalam kategori sedang. en_US
dc.publisher Fisika/ FKIP en_US
dc.subject kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM), sikap siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SIKAP SISWA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR PADA SISWA KELAS X SMA N 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account