dc.contributor.author |
Suryanti, Efi |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-12T06:25:08Z |
|
dc.date.available |
2018-02-12T06:25:08Z |
|
dc.date.issued |
2016 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2157 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian yang telah dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Dyadic Methods (SDM) terhadap
kemampuan komunikasi matematis dan sikap siswa pokok bahasan suhu dan kalor
pada siswa kelas X SMA N 1 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel
yang digunakan adalah kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah
32 siswa dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa.
Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi
matematis dan angket sikap siswa. Analisis data menggunakan teknik deskriptif
persentase.
Uji analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dengan signifikan α
= 0,05 pada kemampuan komunikasi matematis dan sikap siswa sehingga
diperoleh (1) artinya H0 ditolak (tobs ). Hal ini
menunjukkan bahwa model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM)
lebih baik dan memberi pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis
siswa. Besarnya pengaruh pembelajaran melalui model Structured Dyadic
Methods (SDM) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa adalah
36,29% pada interval 0% - 36,29 % dalam kategori rendah. (2) Model
pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM) memberi pengaruh pada sikap
siswa dengan hasil (tobs > ttabel) keputusan uji H0 ditolak.
Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM)
lebih baik dan berpengaruh terhadap sikap siswa kelas X SMA N 1 Karanganyar
tahun pelajaran 2015/2016 pada pokok bahasan suhu dan kalor. Besarnya
pengaruh pembelajaran melalui model Structured Dyadic Methods (SDM)
terhadap sikap siswa adalah 46,74% pada interval 0% - 46,74% dalam kategori
sedang. |
en_US |
dc.publisher |
Fisika/ FKIP |
en_US |
dc.subject |
kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM), sikap siswa |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SIKAP SISWA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR PADA SISWA KELAS X SMA N 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |