Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) motivasi belajar dan (2)
hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII A MTs Al-
Islamiyah Balorejo Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui Model Pembelajaran
TTW.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research) yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII A MTs Al-Islamiyah Balorejo sejumlah 20 siswa yang terdiri 10 siswa
laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah dengan angket dan tes. Instrumen penelitian meliputi lembar angket dan
lembar tes. Teknik analisis data menggunakan perhitungan rata-rata dan
persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran TTW dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A MTs Al-Islamiyah Balorejo
Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan Kriteria Baik dan Sangat Baik sebesar 55%
pada siklus I menjadi 80% pada siklus II; dan (2) Model pembelajaran TTW dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII A MTs Al-Islamiyah
Balorejo Tahun Pelajaran 2014/2015 sebesar 60% pada siklus I yang memenuhi
KKM 65 menjadi 85% pada siklus II.