Abstract:
Penelitian bertujuan mengetahui peningkatan efektifitas belajar siswa setelah
memperoleh pembelajaran matematika dengan Quantum Learning (QL). Selain itu
diungkap pula interaksi antara pembelajaran dengan kategori kemampuan awal
matematis siswa, serta sikap terhadap matematika dan pembelajaran dengan metode
Quantum Learning melalui Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilaksanakan pada kelas 8A SMP
Negeri 28 Purworejo yang terdiri dari 32 anak dengan pendekatan Quatum Learning.
Tehnik pengumpulan data PTK ini adalah Observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas belajar matematika siswa
kelas 8A SMP Negeri 28 Purworejo yang terdiri dari 32 anak adalah lebih baik dari
pada kelas sebelum penelitian. Terdapat interaksi yang signifikan antara
pembelajaran dengan kategoteri kemampuan awal siswa. Terdapat interaksi yang
signifikan antara pembelajaran siklus I dengan siklus II. Secara umum siswa
mencapai hasil belajar melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu lebih
dari 70. Siswa memiliki sikap positif terhadap matematika dan pembelajaran dengan
Quantum Learning.