Abstract:
Telah dilakukan penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh model
talking stick dengan teknik pick up cards game untuk meningkatkan motivasi belajar
siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kebumen 1 Tahun Pelajaran 2015/2016”.
Penelitian ini digunakan rancangan penelitian Quasi Experimental Design
yaitu dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini kelas X
MIPA, sampel penelitian 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 dan MIPA 2 dengan teknik
pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik angket motivasi belajar
siswa dan sebelum digunakan akan divalidasi oleh guru ahli sehingga layak
digunakan dalam penelitian. Analisis data menggunakan teknik deskriptif presentase.
Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 0.05
menunjukkan tobservasi = 2,009 < 2,944 artinya Ho ditolak (t0,05:49 =2,944 ) DK = (t/t <
-2,009 atau t > 2,009). Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan dengan
menggunakan model talking stick dengan teknik pick up cards game untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kebumen 1
tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan penjelasan tersebut menunjukkan bahwa
penggunaan model talking stick dengan teknik pick up cards game lebih baik
daripada menggunakan model numbered head together (kepala bernomor) sehingga
dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh model model talking stick dengan teknik
pick up cards game untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas x madrasah
aliyah negeri kebumen 1 tahun pelajaran 2015/2016.