Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana mengembangkan
model pembelajaran berbasis lingkungan pada pembelajaran matematika siswa
Sekolah Dasar, (2) mengetahui bagaimana tingkat kepraktisan model
pembelajaran PLAT berbasis lingkungan, dan (3) mengetahui bagaimana tingkat
keefektifan model pembelajaran PLAT berbasis lingkungan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and
development) yakni mengembangkan model pembelajaran PLAT (pengalaman
lapangan atas temuan) berbasis lingkungan pada pembelajaran matematika siswa
Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah
Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan
observasi, angket, dan tes.
Proses pelaksanaan penelitian pengembangan ini mengikuti langkah
penelitian model Dick and Carey. Sebelum model pembelajaran diuji dan
diproduksi secara masal, model pembelajaran PLAT berbasis lingkungan harus
memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan yang diperoleh dari
hasil analisis lembar validasi model pembelajaran, lembar kepraktisan, lembar
respon, dan uji coba model pembelajaran. Keefektifan model pembelajaran
diketahui dengan melihat hasil ketuntasan klaksikal dan respon siswa.
Berdasarkan analisis terhadap seluruh data yang didapat dari penelitian pada uji
coba tersebut diperoleh bahwa (1) model pembelajaran PLAT (pengalaman
lapangan atas temuan) berbasis lingkungan adalah valid, (2) model pembelajaran
PLAT (pengalaman lapangan atas temuan) berbasis lingkungan praktis digunakan
untuk siswa Sekolah Dasar, (3) respon siswa terhadap model pembelajaran PLAT
(pengalaman lapangan atas temuan) adalah sangat positif, namun persentase
tingkat ketuntasan belajar siswa belum tercapai sehingga model pembelajaran
tersebut teruji belum efektif.