Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Model Pembelajaran PLAT (Pengalaman Lapangan Atas Temuan) Berbasis Lingkungan pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar

Show simple item record

dc.contributor.author Fauziah, Adchatul
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:30:58Z
dc.date.available 2018-02-12T06:30:58Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2162
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana mengembangkan model pembelajaran berbasis lingkungan pada pembelajaran matematika siswa Sekolah Dasar, (2) mengetahui bagaimana tingkat kepraktisan model pembelajaran PLAT berbasis lingkungan, dan (3) mengetahui bagaimana tingkat keefektifan model pembelajaran PLAT berbasis lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yakni mengembangkan model pembelajaran PLAT (pengalaman lapangan atas temuan) berbasis lingkungan pada pembelajaran matematika siswa Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Proses pelaksanaan penelitian pengembangan ini mengikuti langkah penelitian model Dick and Carey. Sebelum model pembelajaran diuji dan diproduksi secara masal, model pembelajaran PLAT berbasis lingkungan harus memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan yang diperoleh dari hasil analisis lembar validasi model pembelajaran, lembar kepraktisan, lembar respon, dan uji coba model pembelajaran. Keefektifan model pembelajaran diketahui dengan melihat hasil ketuntasan klaksikal dan respon siswa. Berdasarkan analisis terhadap seluruh data yang didapat dari penelitian pada uji coba tersebut diperoleh bahwa (1) model pembelajaran PLAT (pengalaman lapangan atas temuan) berbasis lingkungan adalah valid, (2) model pembelajaran PLAT (pengalaman lapangan atas temuan) berbasis lingkungan praktis digunakan untuk siswa Sekolah Dasar, (3) respon siswa terhadap model pembelajaran PLAT (pengalaman lapangan atas temuan) adalah sangat positif, namun persentase tingkat ketuntasan belajar siswa belum tercapai sehingga model pembelajaran tersebut teruji belum efektif. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject pengembangan, model pembelajaran PLAT, lingkungan en_US
dc.title Pengembangan Model Pembelajaran PLAT (Pengalaman Lapangan Atas Temuan) Berbasis Lingkungan pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account