Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh
motivasi berprestasi Terhadap Kedisiplinan Melaksanakan Pendidikan Sistem
Ganda Pada Siswa Program Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK
GAMA Kedungadem Kabupaten Bojonegoro; (2) ada tidaknya pengaruh
dukungan orang tua Terhadap Kedisiplinan Melaksanakan Pendidikan Sistem
Ganda Pada Siswa Program Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK
GAMA Kedungadem Kabupaten Bojonegoro; (3) ada tidaknya pengaruh motivasi
berprestasi serta dukungan orang tua secara bersama-sama Terhadap Kedisiplinan
Melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda Pada Siswa Program Kompetensi
Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK GAMA Kedungadem Kabupaten
Bojonegoro.
Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto, yaitu penelitian yang hanya
mengungkap fakta berdasarkan pengukuran gejala yang telah terjadi pada diri
responden sebelum penelitian itu dilakukan. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI Program Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK
GAMA Kedungadem Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 92 siswa, sedangkan
sampel penelitian berjumlah 72 siswa yang diambil mengacu nomogram dari
Harry King. Metode pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran angket
Pernyataan untuk menjaring data motivasi berprestasi (X1), dukungan orang tua
(X2), dan kedisiplinan Melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (Y). Sedangkan
Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson dan
uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data
menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson dan teknik analisis
korelasi Parsial yang dilanjutkan dengan analisis regresi ganda dengan tingkat
signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%.
Hasil analisis data penelitian : (1) Motivasi berprestasi berpengaruh
signifikan terhadap Kedisiplinan siswa melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda.
Dengan hasil P-value (Sig.) dari Koefisien Korelasi Parsial Sebesar 0,024 yang
berarti lebih kecil daripada 0,05; (2) Dukungan orang tua berpengaruh signifikan
terhadap Kedisiplinan siswa melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda. Dengan
hasil P-value (Sig.) dari Koefisien Korelasi Parsial Sebesar 0,000 yang berarti
lebih kecil daripada 0,05; (3) Motivasi berprestasi dan dukungan orang tua secara
bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kedisiplinan siswa melaksanakan
Pendidikan Sistem Ganda. Dengan hasil P-value (Sig.) dari Koefisien Korelasi
Parsial Sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil daripada 0,05