Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA KOMPETENSI MEMELIHARA SISTEM REM DI KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK AL – HUSNA LOCERET NGANJUK

Show simple item record

dc.contributor.author Darmaji
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:33:27Z
dc.date.available 2018-02-12T06:33:27Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2164
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya motivasi belajar siswa yang telah diterapkan metode berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata diklat Memelihara Sistem Rem Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK AL – HUSNA Loceret Nganjuk. 2) Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar siswa yang telah diterapkan metode berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata diklat Memelihara Sistem Rem Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK AL – HUSNA Loceret Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraa Ringan SMK AL – HUSNA Loceret Nganjuk tahun ajaran 2015/2016, yang berjumlah 33 diantaranya 32 laki-laki dan 1 perempuan. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran berbasis tugas. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata dari pra siklus dengan persentase 25% berkategori kurang, naik menjadi 53% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 8,5 %. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning)berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 25 %, pada siklus I meningkat sebesar 52% naik menjadi 72% pada siklus II. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), motivasi belajar, hasil belajar. en_US
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA KOMPETENSI MEMELIHARA SISTEM REM DI KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK AL – HUSNA LOCERET NGANJUK en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account