Abstract:
Penelitian ini untuk mengetahui apakah: (1) minat belajar siswa kelas XI
Administrasi Perkantoran yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran
menyenangkan melalui humor lebih tinggi daripada minat belajar siswa kelas XI
Akuntansi; (2) hasil belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran yang diajar
dengan menggunakan strategi pembelajaran menyenangkan melalui humor lebih
tinggi daripada minat belajar siswa kelas XI Akuntansi.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK NU Kejajar
Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini diperoleh dengan Simple
Random Sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa observasi minat
belajar, angket minat belajar, tes hasil belajar dan data dokumentasi. Instrumen
yang digunakan telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis multivariat yang
dilanjutkan analisis univariat.
Hasil hipotesis penelitian memperoleh kesimpulan; (1) Minat belajar siswa
dengan strategi pembelajaran menyenangkan melalui humor lebih baik daripada
strategi pembelajaran konvensional; (2) Hasil belajar siswa dengan strategi
pembelajaran menyenangkan melalui humor lebih baik daripada strategi
pembelajaran konvensional.