Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Learning Cycle 5E
yang digunakan dalam penelitian dapat diterapkan di sekolah tersebut guna meningkatkan
aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar siswa di
setiap siklusnya.
Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas
XI SMK Widya Kutoarjo tahun ajaran 2015/2016. Siklus I dengan mendiskripsikan komponen
dan fungsi sistem bahan bakar karburator. Siklus II dengan Memahami fungsi dan komponen
karburator. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi. Tahap perencanaan meliputi penyusunan RPP, dan instrumen. Tahap pelaksanaan
adalah pelaksanaan rencana pembelajaran. Observasi adalah pengamatan aktivitas belajar siswa
selama proses pembelajaran. Tahap refleksi untuk mengetahui sejauh mana tindakan telah
tercapai sehingga diperoleh rencana tindakan untuk siklus selanjutnya. Data hasil aktivitas
belajar berupa kegiatan siswa selama proses pembelajaran yang terdiri dari 7 aspek pengamatan
yaitu membaca informasi, diskusi kelompok, mengerjakan LKS, memperhatikan pendapat orang
lain, mengkomunikasikan hasil diskusi, mengajukan pertanyaan, menanggapi pertanyaan dan
hasil prestasi belajar dilihat dari pretes dan postes. Validasi instrumen menggunakan validasi isi
dan konstruk dengan judsment experts. Analisis data aktivitas belajar siswa menggunakan teknik
persentase sedangkan penguasaan materi dianalisis menggunakan effect size.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus II terjadi peningkatan persentase pada
Oral activities meningkat sebesar 9,3%, visual activities meningkat sebesar 24,6%, listening
activities meningkat sebesar 14,5%, motor activities meningkat sebesar 23,67%, writing
activities meningkat sebesar 14,15%, mental activities meningkat sebesar 12,15%, dan emotional
activities meningkat sebesar 4,46%.