Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan software media
pembelajaran matematika menggunakan Macromedia Flash 8 sebagai sumber
belajar untuk siswa SMP kelas VII.
Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 31. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP N 40 Purworejo. Pengembangan dilakukan dalam beberapa
langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan model, dan (3) uji
lapangan. Studi pendahuluan meliputi studi kepustakaan, survey lapangan, dan
penyusunan produk awal. Pengembangan model meliputi prosedur pengembangan
dan validasi ahli. Ujicoba lapangan meliputi ujicoba lapangan awal dan ujicoba
lapangan utama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
observasi respon siswa.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa pada umumnya
semua aspek dalam media pembelajaran matematika menggunakan Macromedia
Flash 8 yang dikembangkan mendapatkan penilaian dengan kategori sangat baik.
Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa aspek tampilan mendapat nilai
86,66 % dan aspek pemrograman mendapat nilai 100 %, dengan nilai rata-rata
93,33 % yang masuk kategori sangat baik; hasil validasi ahli materi menunjukkan
bahwa secara keseluruhan pada aspek materi mendapat penilaian kategori sangat
baik dengan nilai raa-rata 91,66 %; dari hasil validasi guru secara keseluruhan
mendapat nilai rata-rata 81,81 % dengan kategori penilaian sangat baik. Perolehan
presentase respon siswa terhadap media pembelajaran matematika menggunakan
Macromedia Flash 8 pada ujicoba lapangan utama sebesar 89,78 % dalam
kategori sangat baik. Berdasarkan penilaian tersebut, maka media pembelajaran
matematika menggunakan Macromedia Flash 8 yang dikembangkan dalam
penelitian ini sangat baik dan layak digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa
SMP kelas VII.