Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kreativitas
belajar siswa melalui model pembelajaran AIR berbantu Media flash dari Garfindo
Media Pratama pada siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Purworejo; (2) mengetahui
peningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran koopratif tipe AIR
berbantu Media flash dari Garfindo Media Pratama pada siswa kelas X-1 SMA
Negeri 2 Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan mulai bulan Januari 2015 sampai dengan November 2015. Subjek
dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Purworejo tahun
ajaran 2015/2016, yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Setelah data terkumpul,
data dianalisis menggunakan rumus rata-rata (mean) dan persentase. Hasil
penelitian menunjukkan meningkatnya kreativitas belajar dan prestasi belajar
matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe AIR berbantu
Media flash dari Garfindo Media Pratama. Persentase kreativitas belajar pada
siklus I untuk kreativitas belajar bekerja secara kelompok sebesar 52%, kreativitas
belajar bekerja secara individu sebesar 55%, dan kreativitas belajar bekerja saat
tes siklus sebesar sebesar 56%, pada siklus II kreativitas belajar mengalami
peningkatan yaitu untuk kreativitas belajar bekerja secara kelompok menjadi 75%,
kreativitas belajar bekerja secara individu menjadi 76%, dan kreativitas belajar
bekerja saat tes siklus menjadi 89%. Sedangkan rerata prestasi belajar siswa dari
66,9 pada pra siklus meningkat menjadi 69,6 pada siklus I dan meningkat menjadi
85,0 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
matematika menggunakan model pembelajaran koopratif tipe AIR berbantuan
Media flash dari Garfindo Media Pratama dapat meningkatkan kreativitas belajar
dan prestasi belajar matematika siswa.