Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatkan Kreativitas Belajar dan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR Berbantu Media Flash Pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Arifin
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:43:56Z
dc.date.available 2018-02-12T06:43:56Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2171
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kreativitas belajar siswa melalui model pembelajaran AIR berbantu Media flash dari Garfindo Media Pratama pada siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Purworejo; (2) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran koopratif tipe AIR berbantu Media flash dari Garfindo Media Pratama pada siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan mulai bulan Januari 2015 sampai dengan November 2015. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2015/2016, yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan rumus rata-rata (mean) dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya kreativitas belajar dan prestasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe AIR berbantu Media flash dari Garfindo Media Pratama. Persentase kreativitas belajar pada siklus I untuk kreativitas belajar bekerja secara kelompok sebesar 52%, kreativitas belajar bekerja secara individu sebesar 55%, dan kreativitas belajar bekerja saat tes siklus sebesar sebesar 56%, pada siklus II kreativitas belajar mengalami peningkatan yaitu untuk kreativitas belajar bekerja secara kelompok menjadi 75%, kreativitas belajar bekerja secara individu menjadi 76%, dan kreativitas belajar bekerja saat tes siklus menjadi 89%. Sedangkan rerata prestasi belajar siswa dari 66,9 pada pra siklus meningkat menjadi 69,6 pada siklus I dan meningkat menjadi 85,0 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran koopratif tipe AIR berbantuan Media flash dari Garfindo Media Pratama dapat meningkatkan kreativitas belajar dan prestasi belajar matematika siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject kreativitas belajar, prestasi belajar, AIR, Media Flash en_US
dc.title Peningkatkan Kreativitas Belajar dan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR Berbantu Media Flash Pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account