Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan pandang
ruang siswa kelas VI Sekolah Dasar Gugus Sapta Pesona Kecamatan Gebang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi penelitian
semua siswa SD kelas VI se-Gugus Sapta Pesona di Kecamatan Gebang berjumlah
171 siswa. Sampel penelitian berjumlah 114 siswa yang mengerjakan instrumen
tes dan 15 siswa yang diwawancarai. Pengambilan sampel menggunakan teknik
Proportionate Random Sampling dan snowball sampling. Pengambilan data
menggunakan tes kemampuan pandang ruang dan wawancara. Analisis data menggunakan
reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa kelas VI SD se-Gugus Sapta Pesona
di Kecamatan Gebang kemampuan pandang ruang subjek penelitian masih
rendah karena subjek baru belajar bangun geometri, namun tidak mengetahui sifat-
sifat dari bangun geometri tersebut. Subjek tidak memahami hubungan antar
objek geometri.