Abstract:
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Model
Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Generik
Sains Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA semester genap 2015/2016 SMA Negeri
2 Purworejo. Banyaknya siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Purworejo tahun
pelajaran 2015/2016 adalah 132 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sampel yang
digunakan adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30
siswa dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa.
Instrumen pengumpulan data menggunakan tes keterampilan generik sains.
Analisis data menggunakan teknik deskriptif.
Uji analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dengan signifikan α
= 0,05 pada keterampilan generik sains sehingga diperoleh 0,000 < 0,05 yang
artinya H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran fisika
berbasis inkuiri terbimbing memberi pengaruh terhadap keterampilan generik
sains siswa kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 pada
materi termodinamika dari pada yang menggunakan model pembelajaran
konvensiona