dc.contributor.author |
Munawaroh |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-12T06:51:29Z |
|
dc.date.available |
2018-02-12T06:51:29Z |
|
dc.date.issued |
2016 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2177 |
|
dc.description.abstract |
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Model
Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Generik
Sains Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA semester genap 2015/2016 SMA Negeri
2 Purworejo. Banyaknya siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Purworejo tahun
pelajaran 2015/2016 adalah 132 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sampel yang
digunakan adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30
siswa dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa.
Instrumen pengumpulan data menggunakan tes keterampilan generik sains.
Analisis data menggunakan teknik deskriptif.
Uji analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dengan signifikan α
= 0,05 pada keterampilan generik sains sehingga diperoleh 0,000 < 0,05 yang
artinya H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran fisika
berbasis inkuiri terbimbing memberi pengaruh terhadap keterampilan generik
sains siswa kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 pada
materi termodinamika dari pada yang menggunakan model pembelajaran
konvensiona |
en_US |
dc.publisher |
Fisika/ FKIP |
en_US |
dc.subject |
keterampilan generik sains, model pembelajaran inkuiri terbimbing |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |