Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian
belajar matematika dengan metode Pair Check pada siswa kelas VIII B SMP
Negeri 3 Kepil.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan pada bulan November 2015 sampai dengan Desember 2016. Subjek
dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Kepil tahun
pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan observasi, tes prestasi, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Pair Check
dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa. Ditunjukkan dengan
perolehan rerata persentase siswa sangat mandiri dan mandiri pada pra siklus
mencapai 29% dan meningkat pada siklus I menjadi 67%. Kemudian dari siklus I
sebesar 67% meningkat menjadi 93% pada siklus II. Diwujudkan dengan siswa
mampu untuk fokus saat pembelajaran, mampu mengikuti dengan tekun saat
pembelajaran, sudah mulai mengerjakan sendiri soal yang diberikan guru tanpa
menunggu teman lain mengerjakan, sudah mulai bisa mengerjakan sendiri soal
yang diberikan guru, sudah mulai mampu dalam menilai sendiri jawaban yang
dikerjakan, sudah disiplin, siswa mampu menyiapkan terlebih dahulu peralatan
pembelajaran, sebagian besar siswa sudah mampu untuk tidak mencontek, berani
mengutarakan pendapat, mampu tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, dan
siswa baik dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Dari peningkatan
kemandirian belajar siswa, diikuti juga peningkatan rerata prestasi belajar pada
siklus I 40,83 meningkat menjadi 76,46 pada siklus II. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Pair Check dapat meningkatkan
kemandirian belajar siswa.