Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Dengan Metode Pair Check Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Kepil Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Dwika Purnama
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:52:46Z
dc.date.available 2018-02-12T06:52:46Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2178
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar matematika dengan metode Pair Check pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Kepil. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan November 2015 sampai dengan Desember 2016. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Kepil tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes prestasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Pair Check dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa. Ditunjukkan dengan perolehan rerata persentase siswa sangat mandiri dan mandiri pada pra siklus mencapai 29% dan meningkat pada siklus I menjadi 67%. Kemudian dari siklus I sebesar 67% meningkat menjadi 93% pada siklus II. Diwujudkan dengan siswa mampu untuk fokus saat pembelajaran, mampu mengikuti dengan tekun saat pembelajaran, sudah mulai mengerjakan sendiri soal yang diberikan guru tanpa menunggu teman lain mengerjakan, sudah mulai bisa mengerjakan sendiri soal yang diberikan guru, sudah mulai mampu dalam menilai sendiri jawaban yang dikerjakan, sudah disiplin, siswa mampu menyiapkan terlebih dahulu peralatan pembelajaran, sebagian besar siswa sudah mampu untuk tidak mencontek, berani mengutarakan pendapat, mampu tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, dan siswa baik dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Dari peningkatan kemandirian belajar siswa, diikuti juga peningkatan rerata prestasi belajar pada siklus I 40,83 meningkat menjadi 76,46 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Pair Check dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject kemandirian belajar, metode Pair Check en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Dengan Metode Pair Check Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Kepil Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account