Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGEMBANGAN MODUL KEMAGNETAN BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MAHASISWA SEMESTER 2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN AKADEMIK 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Suryaningsih, Tri
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:54:00Z
dc.date.available 2018-02-12T06:54:00Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2179
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk : (1) Mengetahui kelayakan modul kemagnetan berbasis guided inquiry terhadap kemampuan representasi mahasiswa. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan representasi mahasiswa pada pengembangan modul kemagnetan berbasis guided inquiry. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan dengan desain pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Sebagai subjek penelitian dalam penelitian pengembangan ini adalah mahasiswa semester 2 Progam Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 20 mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Validasi dari dua validator diperoleh rerata total untuk validasi modul sebesar 2,74. Berdasarkan rata-rata tersebut dapat diketahui bahwa katergori yang didapat adalah baik sehingga modul tersebut layak digunakan. (2) Rerata skor respon peserta didik terhadap modul kemagnetan berbasis guided inquiry sebesar 2,94 dengan kategori baik. (3) Keterlaksanaan pembelajaran dengan modul kemagnetan berbasis guided inquiry dengan tiga kali pertemuan mendapat skor rerata sebesar 3,53 dengan kategori “sangat baik” (5) Kemampuan representasi mahasiswa setelah menggunakan modul kemagnetan berbasis guided inquiry dapat dikatakan meningkat dengan peningkatan nilai pre-test dan pos-test dari nilai pre-test 53,9 menjadi nilai posttes 83,9. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul kemagnetan berbasis guided inquiry layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan representasi mahasiswa. en_US
dc.publisher Fisika/ FKIP en_US
dc.subject guided inquiry, kemampuan representasi, modul kemagnetan en_US
dc.title PENGEMBANGAN MODUL KEMAGNETAN BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MAHASISWA SEMESTER 2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN AKADEMIK 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account