Abstract:
Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan
keaktifan dan kreativitas dalam pembelajaran Fisika siswa kelas X MIA SMA
Pancasila Purworejo. Pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan
siswa menjadi kurang aktif, antusias siswa relatif rendah, sebagian siswa kurang
kreatif dalam memecahkan masalah, model pembelajaran kurang variatif. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas X.1 SMA Pancasila Purworejo yang berjumlah
28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, metode
observasi, metode tes.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran
Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas
siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo, hal tersebut terlihat dari hasil tindakan
pada pra siklus angket keaktifan belajar siswa mencapai 69,3% pada siklus I
meningkat sebesar 71,1% dan pada siklus II meningkat mencapai 78,2%. Hasil
observasi keaktifan belajar siswa pada pra siklus rerata persentase observasi
keaktifan belajar siswa mencapai 38,93%%, pada siklus I mencapai rerata
persentase sebesar 64,2% ,pada siklus II meningkat mencapai 82,6%. Hasil
observasi kreativitas siswa pra siklus mencapai 41,9%. Pada siklus I observasi
kreativitas mencapai 61,3% dan pada siklu II mencapai 79,2%. Hasil tes
kreativitas berpikir siswa pada siklus I mencapai rerata nilai mencapai 63,5 dan
pada siklus II hasil rerata nilai mengalami peningkatan mencapai 78,92.