Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS SISWAKELAS X SMA PANCASILA PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Ita Purnama
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:56:48Z
dc.date.available 2018-02-12T06:56:48Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2180
dc.description.abstract Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas dalam pembelajaran Fisika siswa kelas X MIA SMA Pancasila Purworejo. Pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan siswa menjadi kurang aktif, antusias siswa relatif rendah, sebagian siswa kurang kreatif dalam memecahkan masalah, model pembelajaran kurang variatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.1 SMA Pancasila Purworejo yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, metode observasi, metode tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo, hal tersebut terlihat dari hasil tindakan pada pra siklus angket keaktifan belajar siswa mencapai 69,3% pada siklus I meningkat sebesar 71,1% dan pada siklus II meningkat mencapai 78,2%. Hasil observasi keaktifan belajar siswa pada pra siklus rerata persentase observasi keaktifan belajar siswa mencapai 38,93%%, pada siklus I mencapai rerata persentase sebesar 64,2% ,pada siklus II meningkat mencapai 82,6%. Hasil observasi kreativitas siswa pra siklus mencapai 41,9%. Pada siklus I observasi kreativitas mencapai 61,3% dan pada siklu II mencapai 79,2%. Hasil tes kreativitas berpikir siswa pada siklus I mencapai rerata nilai mencapai 63,5 dan pada siklus II hasil rerata nilai mengalami peningkatan mencapai 78,92. en_US
dc.publisher Fisika/ FKIP en_US
dc.subject Keaktifan, Kreativitas, Model Creative Problem Solving (CPS) en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS SISWAKELAS X SMA PANCASILA PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account