Abstract:
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa
kelas X SMA Negeri 10 Purworejo.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 10
Purworejo yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 190 siswa, sampel penelitian
berjumlah 62 siswa, yaitu 32 siswa kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dan 30
siswa kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik
cluster random sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan metode
wawancara, metode observasi, metode angket, metode tes, dan metode
dokumentasi. Teknik analisis data dengan uji-t dengan taraf signifikan 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan literasi sains
kelas eksperimen 79,32% dan gain 0,46 dengan kategori sedang. Penilaian kondisi
sarana ruang kelas diperoleh 81,62% dengan kategori memenuhi standar. Rerata
keterlaksanaan pembelajaran guru pada tiga pertemuan yaitu 3,54 dinyatakan baik
dengan rerata Percentage Agreement (PA) 95,42% dinyatakan sangat reliabel,
sedangkan rerata keterlaksanaan pembelajaran siswa pada tiga pertemuan yaitu
3,49 dinyatakan baik dengan rerata Percentage Agreement (PA) 97,55%
dinyatakan sangat reliabel. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t diperoleh
hasil tobs = 6,367 dengan ttabel = 2,000 dan daerah kritik db= 60 {t/t -2,000 atau t >
2,000}, yang berarti H0 ditolak (tobs ∉ DK) sehingga hasil model pembelajaran
Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan literasi sains. Berdasarkan
hasil tersebut maka model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap
kemampuan literasi sains siswa