Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Setiani, Heni
dc.date.accessioned 2018-02-12T06:59:16Z
dc.date.available 2018-02-12T06:59:16Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2182
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA Negeri 10 Purworejo. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 10 Purworejo yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 190 siswa, sampel penelitian berjumlah 62 siswa, yaitu 32 siswa kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, metode observasi, metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dengan uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan literasi sains kelas eksperimen 79,32% dan gain 0,46 dengan kategori sedang. Penilaian kondisi sarana ruang kelas diperoleh 81,62% dengan kategori memenuhi standar. Rerata keterlaksanaan pembelajaran guru pada tiga pertemuan yaitu 3,54 dinyatakan baik dengan rerata Percentage Agreement (PA) 95,42% dinyatakan sangat reliabel, sedangkan rerata keterlaksanaan pembelajaran siswa pada tiga pertemuan yaitu 3,49 dinyatakan baik dengan rerata Percentage Agreement (PA) 97,55% dinyatakan sangat reliabel. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t diperoleh hasil tobs = 6,367 dengan ttabel = 2,000 dan daerah kritik db= 60 {t/t -2,000 atau t > 2,000}, yang berarti H0 ditolak (tobs ∉ DK) sehingga hasil model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan literasi sains. Berdasarkan hasil tersebut maka model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan literasi sains siswa en_US
dc.publisher Fisika/ FKIP en_US
dc.subject Efektivitas, kemampuan literasi sains, Problem Based Learning en_US
dc.title EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account