Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Model Treffinger Pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 3 Kepil Tahun Ajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Rizky, Erlita Arifatul
dc.date.accessioned 2018-02-12T07:01:56Z
dc.date.available 2018-02-12T07:01:56Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2183
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model Treffinger. Selain itu juga untuk mengetahui hubungan antara kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa. Model Treffinger terdiri dari tiga komponen yaitu Understanding Challenge, Generating Ideas, dan Preparing For Action. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Kepil tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 27 siswa. Penelitian ini menggunakan model Treffinger. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Treffinger dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Ditunjukkan dengan perolehan rata-rata persentase kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan observasi pra siklus mencapai 56,79% dengan kategori kurang baik dan meningkat pada siklus I menjadi 70,51% dengan kategori cukup. Kemudian dari siklus I meningkat menjadi 78,74% pada siklus II dengan kategori baik. Sedangkan berdasarkan tes kemampuan komunikasi matematis diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70,83 meningkat menjadi 80,28 pada siklus II. Hal ini terlihat dari siswa mampu mengekspresikan ide matematika dalam bentuk gambar atau model baik secara lisan atau tulisan, mampu mamahami konsep dan mengevaluasi ide-ide matematika baik secara lisan, gambar atau model matematika dan mampu menggunakan notasi matematika untuk menyajikan ideide, konsep matematika dan menggambarkan hubungan dengan perolehan ketuntasan siswa pada siklus 1 sebesar 44,44% yang meningkat menjadi 81,84% pada siklus II. Dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang baik kemampuan pemecahan masalah matematika siswa juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 62,37 menjadi 79,26 pada siklus II dan memperoleh ketuntasan siswa pada siklus 1 sebesar 33,33% dan meningkat menjadi 77,78% pada siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan siswa memahami masalah, memilih strategi pemecahan masalah, menerapkan strategi untuk menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali kebenaran hasil atau jawaban. Penelitian ini juga diperoleh hubungan yang kuat antara komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematika siswa dengan perolehan koefisien korelasi sebesar 0,72 dalam tingkat kuat. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Kemampuan komunikasi matematis, pemecahan masalah matematika dan model Treffinger en_US
dc.title Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Model Treffinger Pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 3 Kepil Tahun Ajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account