Abstract:
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana
efektivitas model pembelajaran fisika berbasis guided inquiry dalam
meningkatkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa SMA.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain
Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2
Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian dalam penelitian ini
adalah siswa kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol yang
berjumlah 27 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran yang
dilakukan di kelas eksperimen oleh guru dan siswa pada pertemuan kedua adalah
98% dan 95% dengan kategori sangat baik, sedangkan pada pertemuan ketiga
adalah 98% dan 97% dengan kategori sangat baik; (2) peningkatan pemahaman
konsep siswa di kelas eksperimen cukup tinggi dengan skor N-gain pretestposttest
sebesar 48% yang termasuk kategori sedang dan nilai effect size sebesar
1,12 yang termasuk kategori besar; (3) peningkatan kemandirian belajar siswa di
kelas eksperimen cukup tinggi dengan skor N-gain pada aspek semangat belajar,
berani dan inisiatif, percaya diri, dan bertanggung jawab adalah sebesar 40%,
32%, 37%, dan 35% dengan nilai effect size sebesar 0,98 yang termasuk kategori
besar; (4) respon minat siswa terhadap model pembelajaran fisika berbasis guided
inquiry pada kategori sangat berminat sebesar 7%, pada kategori berminat sebesar
73%, pada kategori ragu-ragu sebesar 17%, pada kategori tidak berminat sebesar
3%, dan pada kategori sangat tidak berminat sebesar 0%.