Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kausal
antara: (1) lingkungan belajar dengan emosi siswa (2) lingkungan belajar dengan
kemampuan verbal (3) lingkungan belajar dengan prestai belajar (4) emosi siswa
dengan kemampuan verbal (5) emosi siswa dengan prestasi belajar (6) kemampuan
verbal dengan prestasi (7) mengetahui koefisien pada setiap jalur (8) diagram
didukung data setelah dilakukan analisis jalur.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta di
Kecamatan Petanahan sebanyak 236 orang dengan sampel sebanyak 142 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik propotionate random sampling. Teknik
pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Teknik analisis
data menggunakan analisis jalur. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji linearitas,
dan keberartian.
Hasil analisis korelasi yang diperoleh pada α = 5% adalah sebagai berikut:
terdapat hubungan yang kausal antara: (1) lingkungan belajar dengan emosi siswa
sebesar 0,423 (2) lingkungan belajar dengan kemampuan verbal sebesar 0,489 (3)
lingkungan belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,465 (4) emosi siswa dengan
kemampuan verbal sebesar 0,504 (5) emosi siswa dengan prestasi belajar matematika
sebesar 0,418 (6) kemampuan verbal dengan prestasi belajar sebesar 0,516
(7) p21=0,423; p31= 0,336; p41= 0,243; p32= 0,362; p42 = 0,151; p43= 0,321 (8)
model diagram dalam penelitian ini tidak ada yang berubah atau dihilangkan
karena telah didukung data yang relevan setelah dilakukan analisis jalur.