Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Hubungan Lingkungan Belajar, Emosi Siswa, dan Kemampuan Verbal terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kecamatan Petanahan Tahun Pelajaran 2015/ 2016

Show simple item record

dc.contributor.author Perwitasari, Fajar
dc.date.accessioned 2018-02-12T07:04:53Z
dc.date.available 2018-02-12T07:04:53Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2185
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kausal antara: (1) lingkungan belajar dengan emosi siswa (2) lingkungan belajar dengan kemampuan verbal (3) lingkungan belajar dengan prestai belajar (4) emosi siswa dengan kemampuan verbal (5) emosi siswa dengan prestasi belajar (6) kemampuan verbal dengan prestasi (7) mengetahui koefisien pada setiap jalur (8) diagram didukung data setelah dilakukan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta di Kecamatan Petanahan sebanyak 236 orang dengan sampel sebanyak 142 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotionate random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji linearitas, dan keberartian. Hasil analisis korelasi yang diperoleh pada α = 5% adalah sebagai berikut: terdapat hubungan yang kausal antara: (1) lingkungan belajar dengan emosi siswa sebesar 0,423 (2) lingkungan belajar dengan kemampuan verbal sebesar 0,489 (3) lingkungan belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,465 (4) emosi siswa dengan kemampuan verbal sebesar 0,504 (5) emosi siswa dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,418 (6) kemampuan verbal dengan prestasi belajar sebesar 0,516 (7) p21=0,423; p31= 0,336; p41= 0,243; p32= 0,362; p42 = 0,151; p43= 0,321 (8) model diagram dalam penelitian ini tidak ada yang berubah atau dihilangkan karena telah didukung data yang relevan setelah dilakukan analisis jalur. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject lingkungan belajar, emosi siswa, kemampuan verbal dan prestasi belajar matematika en_US
dc.title Hubungan Lingkungan Belajar, Emosi Siswa, dan Kemampuan Verbal terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kecamatan Petanahan Tahun Pelajaran 2015/ 2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account