Abstract:
Telah dilakukan penelitian pengembangan modul praktikum computer based
laboratory guna mengetahui: (1) kelayakan modul praktikum computer based
laboratory pada kegiatan praktikum fisika, (2) respon siswa mengenai
penggunaan modul praktikum computer based laboratory, dan (3) hasil analisis
data praktikum yang dilakukan oleh siswa.
Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model
pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan
Evaluation. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Purworejo
dan dilaksanakan di MA Negeri Purworejo dengan subjek penelitian pada tahap
simulasi dan uji coba terbatas berjumlah 8 mahasiswa dan pada tahap uji
keterlaksanan berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah observasi, wawancara, angket, hasil praktikum dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data: (1) Validasi modul praktikum computer based
laboratory dari 6 validator yang terdiri dari dua dosen ahli media, dua dosen ahli
materi dan guru mata pelajaran fisika, diperoleh rerata 3,06, termasuk dalam
kategori “baik”. (2) Respon siswa terhadap modul praktikum computer based
laboratory diperoleh rerata skor 77 dengan kategori “baik”. (3) Hasil praktikum
siswa dalam menggunakan modul praktikum computer based laboratory pada
praktikum gelombang sebesar 81,29 dan praktikum gerak parabola sebesar 81,21
sehingga rerata nilai kelas dari kedua praktikum tersebut sebesar81,25. Dengan
demikian modul praktikum computer based laboratory layak dan dapat digunakan
sebagai alternatif media pembelajaran dalam kegiatan praktikum fisika dikelas.