Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Menggunakan Model AIR (Auditory Intelektual Repetition) dan Make A Match Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Salaman Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Septianto, Firmanudin
dc.date.accessioned 2018-02-12T07:09:23Z
dc.date.available 2018-02-12T07:09:23Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2188
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model AIR (Auditory Intelektual Repetition) lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model Make A Match. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah Salaman yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Kelas yang terpilih yaitu kelas X AP 1 sebagai eksperimen I yang mendapat pembelajaran menggunakan model AIR (Auditory Intelektual Repetition)dengan jumlah 36 siswa dan kelas X AP 2 sebagai eksperimen II yang mendapat pembelajaran menggunakan model Make A Match dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda 5 option yang berkaitan dengan materi logika matematika. Soal yang digunakan adalah soal yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat tingkat kesukaran, daya pembeda, validitas serta reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji t dua tahap. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model AIR (Auditory Intelektual Repetition) lebih baik dibandingkan siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model Make A Match pada materi logika matematika siswa kelas X SMK Muhammadiyah Salaman tahun pelajaran 2015/2016. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject AIR (auditory intellectually repetition), make a match, prestasi belajar matematika en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Menggunakan Model AIR (Auditory Intelektual Repetition) dan Make A Match Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Salaman Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account