Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Prastiwi, Anni
dc.date.accessioned 2018-02-12T07:09:30Z
dc.date.available 2018-02-12T07:09:30Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2189
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis masalah guna mengetahui: (1) kelayakan modul fisika berbasis masalah yang dikembangkan, (2) peningkatan High Order Thinking Skills (HOTS) siswa, dan (3) respon siswa setelah menggunakan modul fisika berbasis masalah yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 4 siswa dan pada tahap penerapan berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar validasi, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Hasil analisis data yaitu: (1) hasil validasi modul pembelajaran fisika berbasis masalah dari tiga validator yaitu dua dosen ahli dan guru fisika mendapatkan nilai secara keseluruhan sebesar 3,34, termasuk dalam kategori baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Uji reliabilitas diperoleh percentage agreement 96,30% sehingga data yang dihasilkan reliabel. (2) peningkatan HOTS tahap penerapan diperoleh N-gain 0,585 dan termasuk kategori peningkatan sedang. (3) Respon siswa terhadap modul pembelajaran fisika berbasis masalah pada uji coba terbatas diperoleh persentase 80,38% dengan kategori baik dan tahap penerapan diperoleh persentase 88,68% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, modul pembelajaran fisika berbasis masalah yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMA. en_US
dc.publisher Fisika/ FKIP en_US
dc.subject Modul Fisika, berbasis masalah, HOTS en_US
dc.title PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account