Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penalaran matematis
induktif siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Ambal. Jenis penelitian ini
penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 13 siswa kelas
VIII yang memiliki nilai matematika tertinggi pada raport semester 1 di kelasnya
masing-masing. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara
dan observasi. Tahapan analisa data yaitu data reduction, data display, dan
conclusion drawing/ verification.
Secara umum penalaran matematis induktif siswa kelas VIII SMP Negeri di
Kecamatan Ambal sudah baik. Pertama, siswa mampu melakukan analogi berupa
keserupaan besar dan jenis sudut dari dua buah bangun yang berbeda. Kedua,
mampu menemukan pola berupa luas persegi panjang, n × (n + 1), jarak setiap
bangun + 2 + banyak lingkaran, P (n), 2 × penjumlahan bangun, bangun tersebut ×
bangun selanjutnya dan menggunakannya untuk menyusun konjektur. Ketiga, mampu
memperkirakan banyak lingkaran pada bangun 4, 5, dan 7 berdasarkan bangun 1,
2, dan 3 yang diamati. Keempat mampu melakukan generalisasi berupa pola
bangun ke-n yaitu n × (n + 1).