Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTI REPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Indriajati, Restu
dc.date.accessioned 2018-02-12T07:15:41Z
dc.date.available 2018-02-12T07:15:41Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2195
dc.description.abstract Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t pada hasil posttest siswa dan angket sesudah pembelajaran. Dengan α = 0,05 menunjukkan nilai signifikansi pemahaman konsep 0,000 nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya HO ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh pembelajaran fisika berbasis multi representasi yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa, kemudian untuk persentase tiap aspek pemahaman konsep pada kelas eksperimen diperoleh ratarata sebesar 70,97% dengan kategori cukup dan kelas kontrol 54,10 % dengan kategori kurang. Peningkatan pemahaman konsep dilakukan uji N-Gain terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki N-Gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang dan 0,28 dengan kategori rendah. Uji hipotesis pada hasil angket kreativitas sesudah perlakuan dengan α = 0,05 menunjukkan nilai signifikansi hasil kreativitas siswa 0,000, nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya HO ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh pembelajaran fisika berbasis multi representasi yang signifikan terhadap kreativitas siswa, kemudian persentase tiap aspek kreativitas kelas eksperimen sebesar 84,03% dengan kategori baik dan kelas kontrol 74,18%dengan kategori cukup. Peningkatan kreativitas dilakukan uji NGain diperoleh 0,44 dengan kategori sedang untuk kelas eksperimen dan 0,20 dengan kategori rendah untuk kelas kontrol. Hal ini menunjukkan pembelajaran fisika berbasis multi representasi berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan kreativitas siswa. en_US
dc.publisher Fisika/ FKIP en_US
dc.subject Kreativitas, Multi Representasi, Pemahaman Konsep en_US
dc.title PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTI REPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account